Sunrumekso’s Weblog

Icon

Just another aSun’s weblog

Peta

Ds. Purwodadi RT 01/RW 03 Kec. Purwoasri Kediri 64154

peta nikahan

Alamat Lengkap:

Bapak Sakur

Desa Purwodadi RT 01/ RW 03

Kec. Purwoasri

Kediri 64154

Dari Sta. Kertosono:

Keluar Stasiun terus sampai perempatan pertama. Lalu belok ke kanan dan jalan terus sampai ketemu pertigaan.

Dari pertigaan belok kanan lalu jalan terus sampai ketemu perempatan yang ada lampu merahnya. Ambil jalur kiri lalu belok ke kiri. Di jalan ini akan melewati jembatan Sungai Brantas. Jalan terus sampai ketemu perempatan besar.

Belok ke kanan ke arah Kota Kediri. Lokasi berjarak kurang lebih 3 km dari sini. Di kiri jalan nanti akan ketemu berturut-turut SD Purwodadi dan Kelurahan Purwodadi, jalan terus. Kurang lebih beberapa puluh meter (di sisi kiri jalan juga) akan ada masjid Baitul mukminin dengan menara yang tinggi, masuk ke gang di sebelahnya. Jalan terus sampai ujung gang buntu ini.

Dari Kota Kediri:

Jalan raya Purwoasri-Kediri ke arah Kertosono. Jalan terus sampai ketemu terminal Purwoasri di kiri jalan dan Polsek Purwoasri di kanan jalan. Lokasi kurang lebih 1 km dari sana. Jalan terus sampai terlihat masjid Baitul Mukminin di kanan jalan. masuk ke gang itu sampai ujung gang buntu.

Filed under: opini

english lesson

After these verbs to + infinitive expresses future, while the gerund refers to past, relative to the time of the verbs. [1]

Setelah verb berikut ini to+infinitive menerangkan masa depan, sementara gerund menerangkan masa lampau, relatif terhadap waktu dari verb.

the verbs are:

FORGET, REMEMBER, REGRET, GO ON, STOP, TRY


examples:

  1. I forgot to pack my bags. –> Saya lupa (bahwa saya) belum mengemas tas-tas saya.
  2. I forgot packing my bags. –> Saya lupa (bahwa saya) telah mengemas tas-tas saya.
  3. I remembered to meet her at Ampera. –> Saya ingat akan bertemu dengannya di Ampera. (remainder)
  4. I remembered meeting her at Ampera. –> Saya ingat telah bertemu dengannya di Ampera. (memory)
  5. I regret to inform you. –> Saya merasa menyesal akan memberitahumu. (penyesalan muncul sebelum memberitahukan)
  6. I regret informing you. –> Saya merasa meyesal telah memberitahumu. (penyesalan muncul setelah memberitahukan)
  7. I stopped to answer the phone. –> Saya berhenti, lalu menjawab telpon. (Sebelumnya melakukan pekerjaan lain lalu berhenti, kemudian menjawab telpon)
  8. I Stopped answering the phone. –> Saya berhenti menjawab telpon.

For examples number 7 and 8 look at these two illustrations.

  1. The phone rang when I was eating. So I stopped to answer the phone.
  2. The phone continued to rang and rang again and I got annoyed. So I stopped answering the phone.

referensi:

[1] http://www.grammaring.com/to-infinitive-or-gerund-forget-remember-regret-go-on-stop-try

Filed under: opini

diluar daftar orang tercela

Ingin memastikan saya tidak ada di daftar hitam (black list) atau daftar acuh (ignore list) atau daftar orang tercela (…. apa ya istilahnya??) atau daftar orang nggak banget deh (unrecommended poerson list). Biasanya orang masuk ke daftar itu karena akhaknya buruk. Atau sering melakukan sesuatu yang buruk yang bisa jadi kecil dan tidak disadari oleh pelakunya.

Umumnya orang malu untuk minta-minta. Minta tolong, minta maaf atau bertanya hal yang kelihatannya sepele. Minta tolong menunjukkan kelemahan. Minta maaf menunjukkan sering salah. Banyak bertanya menunjukkan kebodohan dan malas mencari lebih dulu.

Kalau ada yang minta tolong kepada kita sebaiknya berusaha menolongnya semampu kita agar dia tidak perlu minta lagi pada orang lain dan tersebar aibnya. Kalau ada yang minta maaf segera dimaafkan walaupun mungkin berat. Kalau ada yang bertanya jawab semampu kita dan jangan mengolok-oloknya. Semampu kita.

Terus bagaimana kalo kita ada di pihak yang terpaksa minta ya?

Mudah-mudahan kita selalu di jalan yang sukar untuk memperbaiki diri. Jadi tidak pernah perlu untuk meminta-minta.

Mudah-mudahan kita segera dicoret dari daftar-daftar itu kalo ada yang terlanjur menulis nama kita di dalamnya. Terima kasih yang sudah membuat kita tidak (terpaksa) meminta-minta.

Just another mind string™ …

Filed under: opini

Pelanginya ada dua

dua pelangi

Pernah lihat dua pelangi? Saya baru dua kali lihat. Yang pertama mungkin 9 tahun yang lalu. Tidak sempat difoto. Yang kedua seminggu yang lalu. Difoto pake kamera hape. Hasilnya kayaknya nggak terlalu jelas terlihat pelangi keduanya. hmm… sudah bisa jadi alasan kuat untuk beli kamera SLR gak ya… hehe

Waktu itu saat gerimis di Kupang saya lihat ada pelangi. Awalnya terlihat hanya satu. Lalu saya potret beberapa kali. Saat sedang melihat hasil fotonya saya lihat pelanginya jadi ada dua. Lalu dipotret lagi beberapa kali.

Uniknya saat dilihat ulang di semua foto ternyata tidak ada di satu foto pun yang pelanginya cuma satu. Berarti memang sejak awal pelanginya ada dua tetapi yang satu tidak terlihat ya… hmm… kok bisa?

Kalo dihubungkan dengan pelajaran saat SD, warna pelangi itu mejikuhibiniu. Ternyata warna merah ada di lingkaran luar pada pelangi yang bawah, yang terlihat lebih jelas di foto. Dan pada pelangi yang atas, yang lebih samar, warna merah terlihat di lingkaran dalam.

Kalo dihubungkan dengan pelajaran saat TK, inget lagu ini:

Pelangi-pelangi alangkah indahmu

merah kuning hijau di langit yang biru

Penggunaan kata ulang disini menunjukkan pelangi itu jamak. Eh, tunggu dulu. Atau liriknya seperti ini ya:

Pelangi.. Pelangi.. alangkah indahmu..

merah kuning hijau di langit yang biru

Yang artinya kita sedang berbicara dengan pelangi. Wah harus ditanyakan ke pengarang lagunya ini.

Filed under: opini

Ingat-ingat Pesan Mama

Kata ibu, “urip kuwi wang sinawang..”. (manusia tidak pernah puas dengan hartanya karena melihat temannya/orang lain mempunyai yang lebih dari kepunyaannya)

Kata Ayah, “belajarlah mendengarkan dan jadilah orang yang bermanfaat untuk orang lain”. (jangan menganggap diri paling benar dan meremehkan/menyepelekan perkataan orang lain)

Filed under: opini

KAROMAH PARA WALI

Pengertian Karomah ( )

Karomah ialah kejadian di luar kebiasaan yang diberikan Allah kepada sebagian para wali untuk memuliakan mereka sebagaimana Allah telah memberikan mu’jizat kepada para nabi untuk membenarkan kenabian mereka.

Perbedaan Antara Karomah dan Mu’jizat ( )

Mu’jizat hanya diberikan Allah kepada para Nabi untuk membenarkan kenabian mereka, sedangkan karomah diberikan kepada sebagian para wali. Oleh karena kedudukan nabi lebih utama daripada wali maka sudah tentu mu’jizat lebih tinggi daripada karomah.

Pengertian Wali ( )

Kata adalah bentuk jamak dari kata . Yang dimaksud dengan wali adalah orang-orang yang beriman dan bertakwa sebagaimana firman Allah swt. :

Ingatlah, sesungguhnya wali-wali Allah itu, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (Yaitu) orang-orang yang beriman dan mereka selalu bertakwa. (QS. Yunus: 62-63)

Dalil Adanya Karomah Untuk Para Wali ( )

Dalam Al-Qur’an dan Hadits terdapat beberapa dalil yang menunjukkan adanya karomah untuk para wali. Pernah suatu ketika Nabi Zakaria as. masuk untuk menemui Siti Maryam di kamarnya lalu beliau menemukan di sisinya buah-buahan musim dingin ketika musim panas berlangsung dan juga sebaliknya buah-buahan musim panas ketika musim dingin berlangsung. Sebagaimana yang diberitakan dalam Al-Qur’an

setiap Zakariya masuk untuk menemui Maryam di mihrab, ia dapati makanan di sisinya. Zakariya berkata: “Hai Maryam dari mana kamu memperoleh (makanan) ini?” Maryam menjawab: “Makanan itu dari sisi Allah”. Sesungguhnya Allah memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa hisab. (QS. Ali Imran: 37)

Imam Ibnu Katsir mengatakan bahwa ayat itu menjadi dalil yang menunjukkan adanya karomah untuk para wali, bahkan terdapat hadits yang menceritakan kejadian luar biasa lainnya yang seperti itu. Imam Ibnu Taimiyah rahimahullah mengatakan bahwa para wali Allah adalah mereka yang senantiasa mengikuti jejak Nabi Muhammad saw. Allah memuliakan mereka dengan memberinya karomah… seperti turunnya Malaikat ketika sahabat Usayid bin Hudhair membacakan surat Al-Kahfi, adanya cahaya yang menerangi sahabat ‘Abbad bin Bisyr dan Usayid bin Hudhair ketika keduanya berjalan di malam yang gelap gulita sepulangnya mereka dari rumah Rasulullah saw., begitu juga dengan Khubaib bin ‘Adiy ketika ditawan oleh orang-orang musyrik Makkah ada yang menghidangkan buah anggur kepadanya padahal di Makkah pada waktu itu tidak terdapat buah anggur.

Sejauh Mana Kejadian Luar Biasa Bisa Disebut Karomah
( )

Kita mesti mengetahui bahwa tidak semua kejadian luar biasa menjadi bukti yang pasti atas keshalihan seseorang dan tidak pula menunjukkan bahwa orang tersebut adalah seorang wali. Yang bisa menjadi bukti seorang wali hanyalah dilihat dari komitmennya berpegang teguh kepada Al-Qur’an dan Sunnah serta mengamalkannya. Oleh karena itu para ulama mengatakan, “Apabila kalian menemukan ada orang yang bisa terbang di udara atau berjalan di atas air, maka janganlah kalian menganggapnya orang yang shalih sebelum kalian menyaksikan bagaimana dia berpegang teguh kepada Al-Qur’an dan Sunnah.” Bisa jadi kejadian luar biasa yang dilakukan oleh sebagian orang merupakan perbuatan syetan, dengan bantuan syetan seseorang bisa melakukan perbuatan-perbuatan yang diluar kebiasaan manusia, padahal hakikatnya itu adalah perbuatan syetan. Sebagaimana halnya Aswad Al-Ansi yang mengaku sebagai nabi di negeri Yaman, dengan bantuan syetan dia bisa mengetahui perkara-perkara yang tidak diketahui oleh orang lain.

Yang tidak boleh kita lupakan di sini adalah karomah yang paling berharga yang diberikan Allah swt. kepada manusia ialah diberikan ketetapan hati untuk istiqomah dalam beribadah dengan melaksanakan keta’atan dan menjauhi kemaksiatan. Oleh karena itu mereka mengatakan bahwa Istiqomah merupakan karomah yang paling utama.

*ditulis ulang dari “Kajian Tauhid jilid II bersama ust. Budi Hata’at Lc.”

Filed under: copy paste

Doa setelah adzan

Laa haula walaa quwwata illa billah

‘Seseorang yang mendengarkan adzan, hendaklah berkata sebagaimana yang dikatakan oleh muadzin, kecuali dalam kalimat:’ (i) ‘Mari kita sholat, mari kita sholat’ (hayya lashhalah atau hayya lal falah) Maka padanya berkata: (ii) ‘Tidak daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.’(Laa haula walaa quwwata illa billah) (HR. Bukhari 1/152 dan Muslim 1/288)

wa ana asyhadu alaa ilaha ilallah..(wa ana asyhadu alaa ilaha illallahu wahdahu laa syariikalahu wa anna muhammadan ‘abduhu warasuuluhu, radhiitu billahi rabban, wa bimuhammadin rasuulan wa bil islaamudiin)
‘Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya dan sesungguhnya Muhammad adalah utusanNya. Aku rela Allah sebagai Tuhanku, Muhammad sebagai rasulKu, dan Islam sebagai agamaku.’ (Segera dibaca ketika muadzin membaca syahadat) (HR. Muslim 1/290. Instruksi “segera dibaca” diriwayatkan oleh Ibn Khuzaymah 1/220)

allahuma rabba hadzihi..(Allahuma rabba hadzihid da’watit tammah washshalaati qaaimah

ati muhammadaw wasiilah wa fadhiilata wab ‘ats hu maqaamam mahmuudal ladzii wa ‘attahu

innaka laa tukhliful mii’aad)

‘Ya Allah, Tuhan panggilan yang sempurna ini dan shalat yang didirikan. Berilah al-wasilah (derajat di surga yang tidak akan diberikan selain kepada Nabi saw.) dan fadhilah kepada Muhammad. Dan bangkitkan beliau sehingga bisa menempati maqam terpuji yang telah Engkau janjikan. Sesungguhnya Engkau tidak menyalahi janji.’ (HR. Bukhari 1/152)
Berdoa untuk diri sendiri antara adzan dan iqamah, sebab doa pada saat itu dikabulkan. (HR. At-Tirmidzi, Abu Dawud, dan Ahmad)

‘ Seorang Muslim harus membaca shalawat kepada Nabi saw. sesudah menjawab adzan.’ (HR. Muslim 1/288)

diambil dan diedit dari Bacaan Ketika Mendengarkan Adzan.

Ya Allah mudahkanlah bagi kami menghapalnya dan mengamalkannya. amin.

Filed under: opini

bedanya apa?

1. Hari ini boleh gagal, besok harus berhasil

2. Kemaren sudah gagal, hari ini harus berhasil

Kan sama-sama continuous improvement

Filed under: opini, ,

Pembelian formulir SNMPTN 2009 via ATM Mandiri

Barusan ngantar sepupu beli formulir SNMPTN. Keterangan dari panitia pembelian ini bisa dilakukan via ATM Mandiri. Tapi tidak disebutkan keterangan step by step-nya seperti apa.

Awalnya sih kebayangnya sesusah apa sih cari menu di ATM. Tapi.. ternyata… duh…. susah juga ya….. Susahnya karena:

  1. Tidak ada menu “back” di ATM. (atau ada tapi saya ga tau ya?) Jadinya kalo sudah salah menu dan mentok, harus “cancel” dan ulang lagi dari awal masukin kartu.
  2. Tidak ada menu khusus SNMPTN 2009. Jadi harus buka-buka menu yang sudah ada dan pake feeling kira-kira dia ada di submenu mana.

Setelah beberapa kali ulang masukin kartu dan 2 kali bolak-balik tanya ke meja informasi akhirnya ketemu juga. Menunya: PEMBAYARAN/PEMBELIAN> MULTIPAYMENT >(KODE SNMPTN 09)> (KODE PANITIA LOKAL) >dsb. Kode SNMPTN 09 adalah 10000 (bisa dilihat di daftar kode di mesin ATM). Kode Panitia Lokal Bandung adalah 34.

Untuk mencoba menu ATM Mandiri bisa disini. Selamat mencoba.

Filed under: Uncategorized, , ,

Laa haula walaa quwata illa billah

Pagi ini dapat sms banking dari Bank Mandiri. Bonus dari perusahaan sudah masuk. Lagi bingung mau diapakan uangnya, ada sms dari saudara. Sedang perlu pinjaman. Jumlahnya hampir sama dengan yang masuk tadi. wah… rejekinya dia 🙂

Tidak ada daya dan tidak ada upaya kecuali dari Allah. Allah menyuruh kita berbuat kebaikan dan menjadikan kita mampu melakukannya. Di waktu lapang mudah sekali beramal. Semoga di kala sempit pun selalu bisa mengatakan Laa haula walaa quwata illa billah..

Filed under: Uncategorized, , ,

Sunrumekso on Fesbuk

Andreas Sunrumekso on Fesbuk